Cara Cepat Mengetahui Konten Yang Melanggar Kebijakan Dari Google Adsense

Blog Terkreatif.com Konten yang berkualitas dan bebas dari pelanggaran kebijakan Google Adsense merupakan aset yang wajib di miliki oleh setiap publisher nya supaya bisa menjadi partner Google Adsense yang berpendapatan dalam jangka panjang. Pada ulasan ini saya sebagai penulis akan fokus memaparkan bagaimana teknik untuk me-render konten yang melanggar kebijakan-kebijakan Google Adsense.

Untuk beberapa kasus produksi konten seringkali terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak di sengaja ketika memilih sebuah topik, ada kalanya secara natural ide kita terbawa kepada zona pelanggaran dengan menulis phrase yang bertentangan dengan kebijakan-kebijakan Google Adsense, sehingga ketika phrase tersebut di deteksi oleh bot Google Adsense maka akan di nilai sebagai sebuah pelanggaran.
Beruntung untuk saat ini Google Adsense menyediakan sebuah fitur Policy Center sehingga untuk para pelanggaran kebijakan konten tidak menyebabkan akun langsung di banned permanent. Dalam interval waktu tertentu dari pihak Google memberikan kesempatan bagi para penayang untuk memperbaiki konten-kenten mereka yang melanggar tersebut, biasanya tidak lebih dari 1×24 jam jika tidak ada perbaikan maka ada kemungkinan akun akan di nonaktifkan secara permanent.

Langkah-Langkah Untuk Mencari Konten Yang Melanggar Kebijakan Google AdSense
Penulis yakin sebelum membaca ulasan ini pasti sobat banyak yang tidak tahu bagaimana sih cara untuk mengetahui konten-konten yang melanggar kebijakan Google AdSense kecuali mendapatkan notifikasi/pesan dari Policy Center karena itu sudah pasti ada pelanggarannya. Namun ternyata ada cara lain juga untuk mengetahui konten yang berada di zona pelanggaran sehingga kita bisa melakukan antisipasi sebelum konten tersebut di render oleh bot Google AdSense.

Ini merupakan solusi yang terbaik dari pihak Google AdSense untuk meningkatkan kualitas konten agar menjadi lebih baik dan bebas dari pelanggaran kebijakan, sehingga kompensasi dan benefit kita bisa meningkat. Apabila fokus dari berbisnis ads online sekelas Google AdSense maka sebaiknya kuasai metode ini dengan sempurna dan jangan sampai terlewatkan.

Kita akan memanfaatkan Google penelusuran dengan menggunakan operator penelusuran site: di kueri agar hasil penelusuran yang tampil hanya dari situs kita. Dengan fitur ini kita hanya perlu beberapa langkah saja untuk mencari konten yang bermasalah, silahkan lakukan langkah berikut ini secara berurutan :
  1. Buka Google Penelusuran.  
  2. Salin kueri berikut ini dan tempel ke dalam Google Penelusuran                  Site:NamaSitus.com                                                                                    Ganti Nama Situs.com menjadi situs punya kita. Misalnya (site:terkreatif.com) 
  3. Setelah langkah di atas, tambahkan kata kunci berikut ini ke kueri untuk memudahkan pencarian konten yang melanggar kebijakan dari Google AdSense. Penulis mendapatkan kata kunci ini berdasarkan petunjuk dari Google AdSense.                                                                    
  4. Apabila penelusuran diatas menampilkan hasil maka itu artinya konten tersebut tidak steril/tidak bebas dari kebijakan Google AdSense dan harus segera di tangani sehingga tidak berbuntut kepada banned akun secara permanent.   


Apa Yang Harus Saya lakukan Apabila ada konten yang melanggar kebijakan Google Adsense pada laman situs saya ??
Tindakan yang paling tepat adalah memperbaiki artikel sobat dengan menghapus phrase yang rawan pelanggaran terkait topik yang di nilai Google telah melanggar kebijakannya. Tahap awal yang wajib di perbaiki adalah tag H1 dan kalimat pada paragraf pertama karena bagian ini yang akan tampil pada hasil penelusuran dan paling pertama dirender oleh bot Google AdSense.

Hapuslah Phrase yang mencurigakan tersebut lalu ganti dengan sinonim nya yang memungkinkan ramah Google, semisalnya pada ulasan bahasa inggris ada kata: Por* bisa di ganti dengan kata: sex karena cakupannya tidak kepada konten dewasa saja melainkan bisa juga mengarah kepada jenis kelamin (pria/wanita).

Apakah ada cara lain untuk mengetahui pelanggaran kebijakan Google AdSense pada laman situs web?
Apabila pendapatan Google AdSense sobat terus berkurang sebaiknya periksa laman situs secara menyeluruh untuk memastikan ada atau tidaknya pelanggaran. Apabila ada laman yang tidak menampilkan iklan secara menyeluruh maka artinya kemungkinan besar pada laman tersebut ada pelanggaran dan segera perbaiki.

Interval Waktu Untuk Memperbaiki Konten Yang Melanggar Kebijakan Google AdSense
Sebaiknya melakukan tindakan dengan cepat apabila ada konten pada laman situs diniliai melanggar kebijakan Google Adsense karena biasanya Google tidak suka menunggu terlalu lama dalam memberikan kesempatan kepada penayang untuk memperbaiki kontennya. Dalam kasus yang penulis alami itu hanya diberi waktu 2×24 jam pasca notifikasi dari POLICY CENTER.

Jika notifikasi pelanggaran diabaikan terlalu lama akan sangat beresiko, selain CPC turun maka akunnya pun berpotensi kena banned. Jadi harap aktif mengontrol email yang terkait dengan akun Google AdSense dan selalu memeriksa Policy Center untuk memastikan aman atau tidaknya akun dari pelanggaran kebijakan.

Adakah Pelanggaran Lain Yang Fatal Dan Akun Langsung Dibanned ??
Hal lainnya yang paling tidak disukai Google dan sulit untuk di maafkan adalah memanipulasi klik iklan dengan menyuruh pihak lain untuk mengklik iklan atau bahkan mengklik iklannya sendiri. Kesalahan Inilah yang sulit untuk dihindari karena secanggih apapun kita maka Google bisa lebih canggih lagi. Memang pada awalnya Google akan membiarkan namun lambat laun pasti akan terkena sanksi juga apabila di lakukan secara terus menerus.

Jadi, sebaiknya hindari hal-hal yang dapat menimbulkan pelanggaran kebijakan Google agar ekosistem periklanan Google Adsense tetap terpelihara dengan baik dan kita pastinya akan memiliki peluang berpendapatan dalam jangka panjang.

Kesimpulan
Tulisan di atas hanya beberapa phrase saja, masih banyak phrase lainnya yang dapat di sisipkan pada kueri penelusuran untuk mencari konten-konten yang melanggar kebijakan Google AdSense.

Sebaiknya ambil-lah topik yang tidak mengarah kepada pelanggaran kebijakan Google AdSense agar tidak terjebak dengan Blacklist Phrase. 

Rajin-rajinlah mengontrol email masuk pada email yang terkait dengan Google AdSense untuk memastikan keamanan akun dan informasi AdSense lainnya.

Sekian dulu tutorial kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Terima Kasih!!!

Tag : Adsense, Tutorial
0 Komentar untuk "Cara Cepat Mengetahui Konten Yang Melanggar Kebijakan Dari Google Adsense"

Back To Top