Cara Efektif Memperbaiki Start Menu Windows 10 Yang Tidak Bisa Di Klik

Blog Terkreatif.com - Cara Memperbaiki Star Menu Windows 10 Tidak Bisa Di Klik - Hal ini dikarenakan adanya update otomatis yang di gulirkan microsoft tidak terinstall dengan baik pada komputer kita atau update yang bermasalah sehingga menyebabkan Star Menu Pada Windows 10 tidak bisa di buka pada saat di klik. Bahkan tidak hanya tidak merespon apa yang kita klik pada star menu, pada taskbar dan notifikasi juga tidak ada respon pada saat di klik. Kejadian ini tidak hanya menimpa pada laptop saya saja melainkan sudah menjadi masalah global, memang tidak semua komputer.

Untuk memperbaiki masalah tersebut ada banyak cara, ini di karenakan tingkat error masing-masing komputer berbeda-beda.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang mungkin paling pas untuk memperbaiki masalah pada Start Menu Windows 10 tidak dapat diklik.
Inilah Beberapa Cara Efektif Mengatasi Start Menu Windows 10 Yang Tidak Bisa Di Klik

Silahkan kamu coba beberapa solusi dibawah ini yang sesuai dengan permasalahan pada komputer anda, karena setiap komputer tidak sama permasalahannya.

1. Check dan Repair Corrupt Windows Files
Sebelum kita memulai cara untuk memperbaiki masalah di Windows 10 ada baiknya kita periksa dulu apakah ada file di Windows 10 yang rusak, Apabila benar ada maka cara ini akan otomatis merepair File yang rusak tersebut.  

Berikut ini caranya :
#Buka Task Manager
Untuk buka Task Manager ada dua cara yaitu : 
  • Tekan Tombol pada keyboard CTRL + ALT + DEL,
  • Atau Klik kanan pada Taskbar lalu pilih Task Manager
#Jalankan Run New Task
Untuk menjalankan Run New Task silahkan kalian lihat pada menu file lalu kalian pilih Run New Task

#Ketik PowerShell
Setelah terbuka PowerShell pada kolom kotak tersebut di isi dengan mengetik PowerShell dan jangan lupa kalian centang pada kotak "Create this task with administrative privileges" lalu tekan OK
#Jalankan System File Checker
Setelah itu ketik sfc /scannow pada dinding powershell dan tekan tombol enter ENTER, untuk menjalankan perintah system file checker ini membutuhkan waktu beberapa saat hingga prosesnya selesai. Jika terdapat file yang corroupt dan system checker langsung memperbaikinya maka tidak akan muncul error file pada dinding powershell.
Jika terdapat file corroupt namun system file checker tidak dapat memperbaikinya, maka dapat dipastikan komputer anda memang bermasalah.
Tenang, jika memang benar terdapat file corroupt dan tidak dapat diperbaiki otomatis oleh system file checker maka kamu cukup mengetikkan perintah ini di dinding powershell :

 DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Perintah diatas tentunya juga membutuhkan waktu yang cukup lama (jadi sabar saja, tunggu hingga selesai) perintah ini tentunya akan mendownload dari file windows update untuk mengganti file yang korup secara otomatis.

2. ReInstall Windows App
Bisa saja aplikasi yang sudah ada di Windows 10 tidak terinstal dengan baik sehingga menimbulkan error pada saat kalian melakukan start menu windows 10, ini bias saja berkaitan dengan peralihan Start Menu yang pernah ada di Windows 8 yaitu gaya "Metro" dan sekarang berubah menjadi gaya "Modern" pada windows 10.

Tentu saja menjalankan perintah reinstall windows app tidak akan menghilangkan file dokumen yang kamu simpan di komputer dan bahkan aplikasi selain bawaan windows juga tidak akan terhapus. Perintah ini hanya mereinstall aplikasi bawaan windows.

Untuk melakukan perintah Re-Instal Windows app silahkan kalian ikuti cara-cara berikut di bawah ini :
#Buka Task Manager lalu run new task
#Ketik powershell dan centang Create this task with administrative privileges, Tekan OK
#Copy kode dibawah ini dan paste ke dinding powershell : 



Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

Tunggu hingga proses Re-Instal tersebut selesai, dan jika sudah selesai maka segera restart komputer kalian dan coba klik start menu nya. Biasanya pada tahap ini sudah bias di atasi mengenai masalah tidak bisa klik start menu pada Windows 10.

5. Install ulang windows 10
Cara ini merupakan cara yang paling buntu apabila semua cara di atas gagal maning. Instal ulang memang cara paling ampuh dan efektif untuk tidak menyita banyak waktu kalian.
Jadi, itulah cara efektif memperbaiki start menu windows 10 yang tidak bisa di klik, mudah-mudahan solusi di atas mampu mengatasi masalah kalian.
Semoga bermanfaat. Terima Kasih!!

Tag : Tutorial, Windows
0 Komentar untuk "Cara Efektif Memperbaiki Start Menu Windows 10 Yang Tidak Bisa Di Klik "

Back To Top