Resep Masakan Maki-zushi atau Sushi Gulung

Resep Terkreatif.com - Assalamualaikum wr.wb..
Siapa sih yang nggak tahu salah satu makanan jepang tervaforit di dunia ini. Yups, apa lagi kalau bukan sushi. Sushi sudah menjadi salah satu makanan jepang yang paling di gemari di dunia dan hamper di setiap restoran atau tempat makan di dunia pasti ada yang menjual makanan sushi yang satu ini. Maki-zushi (sushi gulung) adalah hidangan yang sering disiapkan bagi perayaan seperti masuk sekolah atau masuk taman kanak-kanak di bulan April. Sayur-sayuran atau ikan atau berbagai jenis isi lainnya dibungkus dengan nasi yang diberi cuka beras serta lembaran nori (rumput laut) hingga menjadi gulungan-gulungan. Disisni kami menggunakan tuna kalengan, sayur-sayuran serta telur sebagai isi untuk membuat sushi gulung.
resep masakan ala jepang, resep masakan, cara membuat sushi


Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi
  • 360 ml (300 g) nasi
  • 400 ml air
    resep masakan jepang, bahan pembuatan sushi

    (cuka Sushi)
  • 3 sendok makan cuka
  • 2 sendok makan gula
  • 1 sendok teh garam
  • 1 wortel (100 g)
  • 1 sendok makan gula
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 2 telur
  • 1 sendok makan gula
  • Sejumput garam
  • 1/2 sendok teh kecap asin Jepang
  • 1 sendok makan air
  • 1 sendok teh minyak
  • 1 timun
  • 70 g tuna kalengan
  • 4 lembar nori/rumput laut (bentuk kotak yang tiap sisi panjangnya sekitar 20 cm)
Persiapan dan Cara Memasaknya
  1. Buatlah nasi yang diberi cuka beras.
  2. Sekarang buat cuka sushi. Dan silahkan masukkan cuka, gula dan garam ke dalam panci masak kecil lalu kocok sampai rata.
  3. Masukkan nasi yang baru dimasak ke dalam cawan, masukkan cuka sushi lalu aduk selama satu atau dua menit. Begitu nasi dan cuka sushinya sudah tercampur, kipas-kipas dan dinginkan nasinya, lalu pisahkan menjadi empat bagian yang sama besar.
  4. Kupas wortel lalu potong menjadi batang berdiameter 1 cm. Masukkan potongan wortel ke dalam panci lalu masak dengan api sedang. Setelah airnya sudah mendidih, kemudian kecilkan apinya dan masak selama 5 menit. Jika sudah sampai 5 menit lalu masukkan gula dan garam, pasang kembali penutup panci lalu teruskan masak selama 7 menit lagi. Matikan api, biarkan dingin agar wortel menyerap bumbu-bumbunya.
  5. Masak telur dadar tamago-yaki. Lalu masukkan gula, garam, kecap asin Jepang serta air ke dalam cawan lalu aduk sampai rata. Lalu pecahkan telur lagi ke dalam cawan yang berbeda kemudian kocok sampai rata. Tambahkan bumbu yang baru Anda aduk. Panaskan panci penggorengan dengan api sedang, tuangkan minyak dengan merata, lalu masukkan campuran telur sekaligus, lalu aduk dengan cepat. Apabila campuran telurnya sudah sampai setengah matang kemudian angkat pegangan panci penggorengan lalu miringkan menjauh dari Anda agar telurnya merosot ke tepi, lalu bentuklah menjadi telur dadar. Kecilkan api dan masak hingga matang sepenuhnya. Ketika telur dadar sudah dingin, potong-potong menjadi batang-batang menjadi berdiameter 1 cm.
  6. Potong timun menjadi batang-batang berdiameter 1 cm juga.
  7. Masukkan tuna ke dalam saringan lalu tiriskan.
    resep masakan jepang, makanan viral
  8. Selanjutnya gelar tikar penggulung sushi atau kain yang kuat, lalu letakkan lembaran nori di atasnya. Lembabkan tangan Anda, lalu lap sedikit dengan handuk tangan. Ambil salah satu dari seperempat porsi nasi yang sudah diberi cuka beras, lalu sebarkan merata di atas nori, dengan meninggalkan jeda berdiameter sekitar 5 cm tanpa nasi di ujung nori.
  9. Setelah nasi yang sudah diberi cuka beras lalu dituang merata, letakkan isi di atas nasi di baris tengah. Isi yang lebih lembut diletakkan lebih dahulu. Telur dadar diletakkan di sebelah tuna. Wortel dan timun di atas tuna dan telur.
    resep masakan
  10. Gunakan kedua jempol kalian untuk mengangkat bagian ujung tikar penggulung, dan jari-jari lainnya untuk menahan isi agar tetap pada tempatnya dan tidak terlihat berantakan. Angkat tepi yang dekat dengan kita ke arah tepi yang jauh dari kita untuk menangkupnya. Kemudian gulung menjadi bentuk silinder, lalu gulung maju mundur sedikit agar membuat bentuk yang baik. Letakkan gulungan yang sudah jadi dengan ujung gulungan menghadap ke bawah. Gulung tiga gulungan berikutnya dengan cara yang sama.
  11. Potong masing-masing gulungan menjadi 8 potongan sama besar.
Jadi, Begitulah resep dan cara membuat Maki-zushi atau Sushi Gulung yang saya rasa cukup mudah untuk dibuat oleh kalian dirumah. Sekian dulu resep masakan kali ini semoga bermanfaat bagi kalian semua. Akhir kata saya ucapkan banyak Terima Kasih!! :)

0 Komentar untuk "Resep Masakan Maki-zushi atau Sushi Gulung"

Back To Top