Cara Ampuh Mengunci File dan Folder Penting

Blog Terkreatif.com - Cara untuk mengunci folder dan file pada sistem operasi windows sangat banyak, baik itu dengan atau tanpa software. Saya akan memberikan beberapa Tips ampuh mengenai bagaimana cara mengunci File dan Folder pada lembar kerja agar tetap aman dan paling tidak dapat meminimalisir tindakan kejahatan di dunia cyber seperti, penyalahgunaan wewenang ataupun sabotase yang biasa di lakukan oleh si pembajak dokumen tersebut. Untuk itu memproteksi file itu sangat penting karena ini sangat wajib untuk di lakukan.

Sudah tentu semua orang pasti menginginkan barang atau file privasinya selalu terjaga dan tidak menginginkan hasil jerih payahnya di bajak maupun di rusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, biasanya hal ini banyak terjadi ketika sebuah komputer yang di gunakan secara bersama-sama atau komputer tersebut sudah terhubung dalam jaringan komputer multi user dimana setiap komputer dapat saling akses dan di situ kita menyimpan sebuah dokumen yang sangat penting dan rahasia. Sialnya, dokuamen tersebut tidak tersproteksi atau terlindungi dengan baik karena kita tidak tahu cara mengunci folder atau file-nya sehingga tidak menutup kemungkinan adanya sabotase atau pembajakan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu harap berhati-hati dalam mengerjakan sebuah dokumen penting dan selalu gunakan proteksi yang ketat untuk menjaga privasi sobat sekalian.
Sekarang mari kita belajar bagaimana cara ampuh mengunci folder dan file agar tetap aman. Bacalah petunjuknya dengan teliti dan jangan sampai ada yang terlewatkan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan kalau bisa langsung di praktekkan di lembar kerja sobat.

1). Cara mengunci file pada Microsoft word 2010
Bagi sobat yang sedang belajar Microsoft word 2010, disarankan untuk sekalian saja belajar cara memproteksi filenya karena cara ini tidak begitu sulit dan tidak memerlukan software tambahan melainkan bawaannya dari Microsoft word tinggal sobat otak atik saja setting-an password-nya. Satu hal yang harus di perhatikan dari metode ini adalah jangan sampai anda lupa password karena tidak ada cara lain untuk membuka nya sekalipun memakai linggis tetep saja file sobat tidak akan bisa dibuka, hebat kan? Sobat gunakan saja angka unik yang mudah untuk kalian diingat.
Untuk dapat menggunakan tools ini silahkan sobat buka dulu Microsoft word 2010, lalu klik di File > Info > Protect Document > Encrypt With Password lau masukan password sobat pada kotak dialog password > OK! kemudian sobat masukkan lagi password yang sama tadi pada kotak dialog Reenter Password > OK! perhatikan gambar berikut ini :
Silahkan sobat ikuti langkah dari nomor 1 - 3 sesuai dengan gambar di atas, nanti sobat akan di arahkan ke kolom password untuk memasukkan password nya. Dan jika sobat berhasil melakukan setting password nya maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :
Jadi, kurang lebih nya seperti itu sobat yang menandakan bahwa dokumen sudah terproteksi. Untuk merubah password caranya tidak begitu sulit, sobat tinggal ulangi saja langkah nomor tiga lalu masukkan password barunya pada kolom setting password tapi dengan catatatn dokumen harus sedang aktif, kalau seandainya dokumen tidak sedang aktif maka di jamin sobat tidak akan berhasil merubah password nya.  

2). Cara mengunci file pada Microsoft Excel 2010
Cara ampuh mengunci file di Microsoft excel 2010 tidak jauh berbeda dengan cara mengunci file atau folder Microsoft Word 2010, sobat tinggal lakukan saja seperti yang saya jelaskan tadi di poin 1. Lantas kenapa di bahas lagi?? Perlu sobat ketahui bahwa lembar kerja pada Microsoft excel itu terdiri dari kumpulan-kumpulan Worksheet. Worksheet ini lah yang akan di pasang password juga dengan kata lain kita akan membuat pengamanan yang berlapis. Sobat tidak perlu khawatir karena sistem proteksi yang di buat oleh Microsoft ini sangat kuat dan sulit untuk dapat di retas atau di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, jadi file kalau sudah diproteksi dijamin aman. Tujuan Utama dari proteksi Worksheet yaitu supaya data-datanya tidak bisa di edit atau di rubah kecuali oleh sang pemilik password tersebut.

Langkah untuk memproteksi atau melindungi Worksheet ini tidak begitu sulit, Sobat tinggal klik kanan pada Sheet mana yang akan di proteksi kemudian klik Protect Sheet lalu masukkan password baru dan jangan lupa untuk menghilangkan tanda centang pada semua fitur yang akan di proteksi nantinya, kemudian tekan OK, masukkan lagi password yang sama dan tekan OK, sampai disini setting password selesai. Untuk lebih jelas nya silahkan sobat perhatikan gambar di bawah ini :  
Langkah 1 : Klik kanan Sheet
Langkah 2 : Klik Unprotect Sheet
Pada langkah ini silahkan sobat hilangkan semua tanda centang kecuali yang dilingkari merah seperti yang terlihat pada gambar di atas, kemudian masukkan password yang direncanakan lalu tekan OK, selanjutnya silahkan sobat masukkan ulang password yang tadi pada jendela berikutnya lalu tekan OK. Jadi, Kesimpulan dari proteksi Worksheet ini yaitu untuk mengunci Worksheet supaya tidak bisa di edit atau di rubah dan hanya bisa di baca saja oleh orang lain.

3). Cara Mengunci Folder dengan Aplikasi Winrar
Winrar merupakan sebuah perangkat lunak shareware pengarsipan dan kompresi yang dapat mengkompresi file hingga 40 persen dari ukuran semula, winrar ini mendukung semua format kompresi populer (ARJ, LZH, ACE, TAR, GZiP, UUE, ISO, BZIP2, Z and 7-Zip) namun yang sering dipakai hanya format RAR dan ZIP. Salahsatu kegunaan aplikasi buatan Eugene Roshal ini yaitu membuat satu paket file menjadi satu file utuh dan banyak digunakan dalam file download atau upload, selain itu aplikasi ini dapat mengunci folder dengan baik dan lagi-lagi sistem kemanan aplikasi ini sangat mumpuni sehingga cukup aman untuk menyimpan folder yang berisi file penting. Cara mengunci folder dengan aplikasi ini tidak begitu sulit yaitu cukup dengan mengumpulkan file yang akan diproteksi menjadi satu folder kemudian jalankan aplikasi winrar, setting password dan kompres filenya.

Sebelum mempraktekkan cara mengunci folder dengan aplikasi winrar ini, pastikan aplikasi winrar telah terpasang di komputer sobat. Untuk memulainya silahkan klik kanan folder yang akan dikunci lalu klik Add to archive, perhatikan gambar berikut ini :
1). Klik kanan Folder yang akan dikunci
2). Klik Add to archive

Langkah selanjutnya perhatikan gambar berikut ini :
1). Klik Add your password untuk mengaktifkan proteksi password
2). Klik OK
3). Pada langkah ini silahkan masukkan password yang direncanakan
4). Masukkan ulang password-nya
5). Klik OK

Jika langkah ke 5 sudah selesai maka tunggu sampai proses extract selesai, apabila filenya berukuran kecil maka proses ini tidak akan lama. Setelah selesai di extract maka file akan ada dua dengan nama folder yang sama. Perhatikan gambar berikut ini :
Folder asli yang di tunjukkan oleh tanda panah merah pada gambar di atas silahkan di hapus saja karena folder ini tidak terproteksi atau di lindungi, sobat tidak perlu khawatir karena semua file telah di duplicate ke dalam folder Winrar yang ada di sebelah kanan (lihat gambar di atas). Sampai di sini cara mengunci folder dengan winrar telah selesai, ingat jangan sampai lupa password-nya ya sob.

Semoga sobat selalu berhati-hati dalam menyimpan sebuah file dokumen yang tergolong sangat penting. Cara mengunci file dan folder ini masih pada tahap dasar tapi saya rasa ini penting untuk di pelajari buat bekal sobat untuk belajar ke tahap selanjutnya. Ketika sobat mempelajari cara mengunci file dan folder maka jangan lupa cara membukanya, tapi jika menggunakan password maka pastikan password nya mudah di ingat karena kalau sampai sobat lupa password akibatnya fatal yaitu sobat akan kehilangan semua file penting tersebut karena tidak bisa di buka lagi.

Sekian tutorial kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian.
Terima Kasih!!!

Tag : Tutorial
Back To Top