Cara Mempercepat Loading Blog atau Situs Dengan Lazy Load Adsense

Blog Terkreatif.com - Assalamualaikum wr.wb..
Semua disini pasti sudah tahu kan apa itu Google AdSense? Yusps, Google AdSense merupakan salah satu jasa kerja sama periklanan terbesar melalui media internet yang diselenggarakan oleh google. Hampir seluruh blogger di dunia menjadikan adsense sebagai publisher mereka, karena pendapatan yang di dapatkan dari google adsense tersebut lumayan besar.
Disamping pendapatan yang besar yang di dapat dari iklan adsense ternyata ada beberapa masalah yang sering di hadapi para blogger salah satunya adalah iklannya yang berat yang membuat loading blog jadi lemot, meskipun adsense sudah mengatasinya dengan asynchronous tetapi tetap saja blog akan terasa lama untuk di muat.
lazy load adsense, tutorial cara mempercepat loading blog, tips blog, adsense, google adsense
Jadi, karena permasalahan inilah yang membuat saya untuk mencari solusinya dan akhirnya menemukan jawabanya dengan menggunakan Lazy Load AdSense. Cara kerja dari kode lazy load adsense ini cukup mudah yaitu iklan JS AdSense akan muncul setelah kita menggulir halaman. Sehingga JS AdSense tidak akan muncul jika kita tidak menggulir halamannya terlebih dahulu.
Langsung saja ini dia cara-cara pemasangannya :

Login akun blogger kalian >> pilih menu Tema >> klim tombol Edit HTML >> tambahkan kode di bawah ini sebelum kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Lazy Load AdSense
var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
//]]>
</script>
Jika belum, pastikan kalian untuk menghapus semua link JS AdSense yang biasanya terpasang pada kode unit iklan, seperti di bawah ini :
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
Jika sudah ditambahkan klik tombol Simpan atau Save Tema dan selesai.

Pasti kalian akan bertanya apakah menggunakan kode ini akan aman untuk adsense??
Jawabanya iya, tentu saja aman. Karena hal ini sangat di anjurkan adsense untuk mempercepat loading blog sama halnya seperti menggunakan kode iklan seperti di atas.
Dan apakah akan mempengaruhi pendapatan adsense kita??
Kalau hal ini saya belum bisa di pastikan karena saya juga baru memasangnya jadi belum tahu bagaimana perubahan pendapatan yang di dapat. Tapi kalua di rasa pendapatannya makin berkurang setelah memasang kode Lazy Load AdSense tersebut maka sobat bisa mecabut kembali kode tersebut dan mengembalikannya seperti semula.

Untuk kesimpulannya yang pasti, jika kalian ingin loading blog jadi cepat maka saya sarankan atau rekomendasikan untuk pasang kode lazy load adsense tersebut. Namun kalau kalian masih ragu karena takut pendapatan akan menurun sobat yah tinggalkan saja.. hahaha :D

Oke sekian dulu tutorial kali ini mengenai Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Lazy Load AdSense. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian. Sekian dan Terima Kasih!!! :)

Back To Top