Cara Mudah Mengecek Kecepatan Loading Page Website atau Blog

Blog Terkreatif.com - Assalamualaikum wr.wb..
Sudah tidak asing lagi bahwa banyak orang yang membangun sebuah website atau blog pastinya ingin menjadi publisher dari google adsense. Yups, Google adsense menjadi salah satu sumber penghasilan terbesar yang menjadi primadona atau daya Tarik bagi publisher. Tapi di sisi lain juga ternyata iklan adsense menyumbang loading dari iklan yang di tampilkan yang menyebabkan loading website atau blog jadi menurun meskipun adsense sudah menggunakan asynchronous, tapi tetap saja blog akan lama di muat.
Dan disini saya akan memberikan cara bagaimana mengecek kecepatan loading website atau blog kalian, agar kalian bisa mengetahui seberapa besar score untuk kecepatan loading blog milik kalian. Oke langsung saja ini dia caranya :

1. GTmetrix.
Gmetrix merupakan salah satu tools yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan di kanada, dimana gmetrix ini bertujuan untuk membantu costumer untuk mengecek performa website atau blog dengan mudah. Gmetrix juga merupakan salah satu tools pengecek performa website yang paling terkenal dan yang paling banyak di gunakan.
Cara menggunakannya pun cukup mudah kalin tinggal mengunjungi websitenya DISINI . Selanjutnya kalian tinggal memasukan url website atau blog milik kalian pada kolom yang disediankan untuk di cek atau di Analisa. Setelah kalian sudah memasukan url klik Analyze untuk mendapatkan hasil laporan performanya, termasuk PageSpeed Score, Yslow Score, Fully Loaded Time, dan Total Page Size.

2. PageSpeed Insights (PSI).
PageSpeed ​​Insights (PSI) merupakan salah satu tools untuk mendapatkan hasil laporan performa nyata halaman untuk perangkat seluler dan desktop serta memberikan saran tentang cara meningkatkan performa halaman tersebut.
PageSpeed Insights menggabungkan data dari Laporan Pengalaman Pengguna Chrome (CrUX) untuk menampilkan data performa nyata tentang halaman. Kalian bisa mengeceknya DISINI .
Keseluruhan hasil skor Kecepatan dihitung dengan melihat kategori untuk setiap metrik: 
  • Cepat: Jika setiap metrik halaman adalah Cepat.
  • Lambat: Jika setiap metrik halaman adalah Lambat.
  • Rata-rata: Semua kasus lain. 

Begitulah cara untuk mengecek atau menganalisa kecepatan blog kalian, karena hasil dari loading website atau blog yang bagus akan menguntungkan juga bagi pendapatan adsense tapi sebaliknya jika blog kalian memiliki loading yang lambat itu akan berpengaruh terhadap penghasilan adsense karena iklan yang muncul akan lama di muat.
Mungkin hanya itu saya tutorial kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua . Terima Kasih!! :)

Tag : Blog, Tutorial
Back To Top