Resep Kue Tradisional Onde-Onde yang Manis dan Gurih

Resep Terkreatif.com - Assalamualaikum wr.wb..
Onde-onde merupakan salah satu kue jajanan tradisional yang terbuat dari tepung terigu yang di bentuk bulat dan di masak dengan cara di goreng. Onde-onde ini memiliki nama yang berbeda-beda disetiap negara seperti di Filipina disebut butsi, di Vietnam disebut banh cam atau banh ran, dan di Malaysia disebut kuih bom, sedangkan di Indonesia sendiri disebut dengan onde-onde.
Kue onde-onde ini memiliki cita rasa yang khas, yaitu memiliki rasa gurih dan manis serta mudah mengenyangkan. Hal ini disebabkan karena kandungan karbohidrat yang tinggi dari tepung ketannya, sedangkan isi onde-ondenya yang manis dan wijen yang banyak mengandung protein. Biasanya onde-onde berisi kacang hijau dan ditaburi biji wijen yang membuat rasanya sungguh enak di mulut.
Berikut ini saya akan bagikan resep masakan onde-onde yang mudah di buat untuk kalian dirumah!!
Bahan-bahan (Untuk 30 buah )
Bahan Untuk Isianya :
  • 250 gr kacang hijau kupas 
  • Secukupnya gula pasir 
  • Sejumput garam 
  • 150 gr wijen 
Bahan Kulit :
  • 500 gr tepung ketan rose brand 
  • 7 sdm gula pasir 
  • 2 sdm tepung beras rose brand 
  • Sejumput garam 
  • Secukupnya air hangat (jgn terlalu panas) 
  • 1 liter minyak goreng 
Langkah Pembuatannya :
  1. Rendam kacang hijau kupas kurleb 1 jam.
  2. Setelah 1jam panaskan panci pengukus, dan cuci kecang hijau sampai bersih tiriskan, kemudian masukkan kedalam panci pengukus, kukus kurleb selama 30menit.
  3. Setelah matang keluarkan dari panci pengukus, haluskan selagi masih panas, kemudian tambahkan sejumput garam dan secukupnya gula, tes rasa jika sdh manis kemudian bulat-bulatkan isi onde-onde.
  4. Masukkan semua bahan kulit aduk rata, panaskan air suam kuku, kemudian campurkan dengan bahan kulit adonan sampai tercampur rata, jangan terlalu keras dan jangan terlalu lemes. Setelah tercampur rata ambil sedikit adonan pipihkan kemudian masukkan isian onde-onde dan bentuk bulat-bulat, yang terakhir gulingkan pada wijen. Lakukan sampai bahan habis.
  5. Panaskan minyak goreng, goreng dengan minyak yg banyak dan menggunakan api kecil, jika sudah panas masukkan onde-onde aduk sesekali agar tidak gosong bagian bawahnya. Jika onde-onde sudah mengapung sering-sering di aduk dan tunggu sampai onde-onde keras, dan warna kekuningan kemudian angkat.
Begitulah resep kue khas onde-onde yang mudah dibuat kalian semua dirumah sebagai kudapan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua dan menambah wawasan kalian mengenai kue khas tradisional. Akhir kata saya ucapkan banyak Terima Kasih!! :)

    Back To Top