Resep Masakan Sekihan atau Nasi Merah

Resep Terkreatif.com - Assalamualaikum wr.wb..
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan resep masakan Jepang yaitu Sekihan (Nasi Merah). Orang-orang di Jepang biasanya membuat sekihan untuk acara perayaan seperti misalnya ulang tahun dan pernikahan.
Ada catatan yang menyebutkan orang-orang sudah memakan sekihan seribu tahun lalu. Tapi konsep sekihan sebagai hidangan untuk acara perayaan baru populer sekitar satu abad lalu.
Sekihan artinya nasi merah. Sejak zaman dahulu kala, orang-orang Jepang menganggap warna merah sebagai warna pengusir roh jahat.
Sekihan disajikan di seluruh Jepang, tapi setiap daerah memiliki bahan dan cara pembuatan yang berbeda. Di Hokkaido, tidak menggunakan kacang azuki tapi memakai kacang merah amanatto. Di beberapa daerah, sekihan juga disajikan saat pemakaman.
Pada hidangan klasik jepang ini kita akan menggunakan cairan kemerahan yang berasal dari air rebusan kacang merah azuki untuk mewarnai beras ketan mochigome dan kemudian dimasak dengan kacang azukinya.
Berikut ini bahan-bahan yang di perlukan dan cara pembuatannya :

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi) :
  • 300g beras ketan mochigome
  • 40g kacang merah azuki
  • 1/4 sendok teh garam
(Untuk bumbu tabur gomashio) :
  • 1 sendok makan biji wijen hitam
  • 1/4 sendok teh garam
Persiapan dan Cara Memasaknya :
  1. Pertama, bilas kacang azuki di saringan. Lalu masukkan ke dalam panci berisi air sampai semua kacangnya terendam. Rebus sampai mendidih dan tiriskan.
  2. Masukkan lagi kacangnya ke dalam panci, tambahkan 600ml air dan rebus dengan api sedang. Ketika air mulai mendidih, kecilkan api, tutup panci dan rebus selama 18 hingga 20 menit. Gunakan dengan api yang sangat kecil agar kacang tidak terlalu cepat matang dan pecah.
  3. Setelah sekitar 18 menit, buka tutupnya dan makan satu butir kacang untuk memeriksa keempukannya. Matikan api kompor jika kacangnya sudah terasa empuk sampai bagian tengahnya.
  4. Dengan menggunakan saringan dan mangkuk, tiriskan kacang azukinya dan simpan air tirisan sisa rebusannya. Tutup kacangnya dengan bungkus plastik atau penutup agar tidak mengering.
  5. Dinginkan air rebusan kacang azuki dengan memasukkan mangkuk berisi air rebusan ke dalam mangkuk yang lebih besar yang berisi air dingin. Saat mendinginkan, ciduk airnya dengan sendok sayur dan tuang kembali ke mangkuk agar terpapar dengan udara sehingga warna cairannya menjadi lebih cerah.
  6. Kemudian beras ketan di bilas dengan saringan sambil di aduk-aduk dengan menggesekkan setiap bulir berasnya dengan jari selama sekitar 10 kali. Bilas dua kali. Lalu tiriskan dan diamkan selama sekitar 10 menit.
  7. Setelah air rebusan kacang azuki sudah dingin atau sama dengan suhu ruangan, masukkan 330ml air rebusannya ke dalam panci berisi beras mochigome. Jika air rebusannya kurang dari 330ml, bisa ditambahkan air secukupnya.
  8. Diamkan selama 30 hingga 40 menit agar berasnya menyerap cairan. Tambahkan dengan garam dan aduk. Letakkan kacang merah azuki di atasnya, tutup panci dan masak dengan api sedang.
  9. Ketika sudah mendidih, kecilkan api. Rebus lagi selama 12 menit. Setelah 12 menit, matikan apinya. Jangan buka tutup pancinya, diamkan untuk proses mengukus selama 10 menit.
  10. Kita buat bumbu taburan gomashio. Masukkan biji wijen hitam dan garam ke dalam wajan dan panggang dengan api kecil. Ketika sudah mengeluarkan aroma, kira-kira sekitar 1 menit, taburi gomashionya di atas kertas untuk didinginkan.
  11. Ambil kacang azuki dari nasi merah atau sekihan liwet dan sisihkan dulu. Aduk-aduk nasinya. Sebar nasinya di wadah yang besar dan letakkan kacang azuki di atasnya. Kipas-kipas untuk mendinginkannya. Balik nasi beserta kacang azukinya dan kipas-kipas sekali lagi. Ketika sudah dingin, sajikan di mangkuk atau kotak khusus berpernis juubako. Taburi dengan gomashio secukupnya dan selamat menikmati!
Jadi itulah cara pembuatan hidangan jepang Sekihan (Nasi Merah), semoga kalian bisa mencoba dan mempraktekannya dirumah. Sekian dulu artikel mengenai Resep Masakan Sekihan atau Nasi Merah. Semoga bermanfaat buat kalian semua. Akhir kata saya ucapkan banyak Terima Kasih!! :)

Back To Top