-->

Adsense

INI ALASAN GELOMBANG KE IV KARTU PRAKERJA BELUM DI BUKA


INI ALASAN GELOMBANG KE IV KARTU PRAKERA BELUM DI BUKA


Pembukaan gelombang keempat kartu prakerja masih belum memiliki titik terang lantaran masih ada sejumlah kendala pada beberapa gelombang sebelumnya sehingga Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 ditunda sampai dengan waktu yang belum bisa ditentukan. Hal ini karena Manajemen Pelaksana (PMO) memprioritaskan 1,7 juta korban PHK usulan Kementerian/Lembaga (K/L) pemerintah.
Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky menuturkan hal ini dikarenakan pihak  manajemen pelaksana program Kartu Prakerja masih dalam proses menyelesaikan pencairan dana pelatihan untuk peserta yang sudah tersaring dalam gelombang pertama hingga ketiga.
Di sisi lain, Panji mengatakan hambatan lain kenapa gelombang keempat kartu prakerja juga dikarenakan adanya keterbatasan sumber daya di bidang teknologi dan informasi (TI), apabila jumlah peserta terus bertambah.
Dalam hal ini dia menjelaskan dari total 456.265 orang peserta di gelombang I dan II, sebanyak 360.650 orang peserta sudah mendapatkan saldo pelatihan. Sementara itu, dari jumlah tersebut, sebanyak 219.489 peserta yang sudah menyelesaikan 1 pelatihan dari platform mitra prakerja.
“Dari jumlah yang sudah menyelesaikan pelatihan, yang terdata memiliki akun e money/bank yang telah melalui proses verifikasi atau KYC sebanyak 132.509 orang, dan yang sudah terverifikasi sebanyak 55.101 orang peserta,” jelas Panji, Senin (11/5/2020).
Dia menambahkan, dari total 55.101 orang peserta yang sudah terverifikasi akun bank/e-money-nya, baru sebanyak 51.255 peserta yang sudah menerima insentif bulan pertama sebanyak Rp600.000. Artinya, untuk anggaran insentif, pemerintah telah menyalurkan senilai Rp30,75 miliar.
Sisanya, belum mendapatkan insentif karena akun perbankan/e-moneyn-ya tidak sesuai dengan akun prakerjanya.
“Verifikasi berlapis ini dilakukan untuk memastikan ketepatan sasaran, supaya insentif disalurkan kepada rekening peserta yang memiliki akun kartu prakerja, bukan pihak-pihak lain.”
Terkait dengan pembukaan gelombang keempat, Panji juga menjelaskan bahwa pihaknya masih memberikan kesempatan bagi korban PHK akibat Covid 19 yang terdata oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) untuk bisa mendaftar di gelombang ketiga.
Pasalnya, dari 1,7 juta orang korban Covid-19 yang terverifikasi oleh Kemenaker, baru ada sekitar lebih kurang 100.000 orang yang mendaftar program kartu prakerja.
Alasan lainnya mengapa pendaftaran gelombang 4 Prakerja ditunda, karena PMO masih membenahi administrasi yang belum selesai atau backlog pada 456.265 peserta yang lolos pada gelombang 1 dan 2.


0 Response to "INI ALASAN GELOMBANG KE IV KARTU PRAKERJA BELUM DI BUKA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel