-->

Adsense

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP Android Maupun di Laptop Untuk Video Conference

Cara Terkreatif - Ditengah wabah pandemi virus corona atau Covid-19 yang terjadi diseluruh dunia, banyak perusahaan-perusahaan menerapkan kebijakan WFH (work From Home) atau bekerja dari dirumah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona/Covid-19.

Meskipun mereka tidak bertatap muka secara langsung, tapi pekerjaan harus tetap terkoordinasi dengan baik melalui video conference untuk virtual meeting dengan sesama rekan kerja. Untuk menunjang hal tersebut digunakanlah aplikasi teleconference yaitu Zoom Cloud Meetings.

Zoom banyak digunakan oleh karyawan-karyawan yang sedang WFH (Work From Home). Selain karyawan bahkan anak kuliah yang belajar dari rumah pun menggunakan aplikasi Zoom ini sebagai video conference untuk menunjang tugas kuliah mereka. Alasan menggunakan aplikasi zoom ini, dikarenakan zoom membutuhkan bandwidth yang ringan dan tidak terlalu memakan kapasitas memori yang begitu banyak, serta aplikasi Zoom ini bisa di gunakan di Android/Smartphone maupun PC/Laptop.

how to use zoom cloud meetings,cara pakai aplikasi zoom di hp,virtual meeting,cara menggunakan zoom

Keunggulan lainnya Zoom bisa membagi layar video conference-nya sampai 100 orang di virtual meeting tersebut. Selain itu didukung juga dengan Google Drive bahkan Dropbox dalam hal untuk berbagi file dokumen. Para pengguna juga bisa mengundang orang lewat nomor HP ataupun email.

Lalu, Bagaimana cara menggunakan aplikasi Zoom untuk video conference, berikut ini langkah-langkahnya:

Cara Pakai Aplikasi Zoom di PC atau Laptop

  1. Buka situs https://zoom.us/. Lalu buat atau registrasi akun menggunakan Email atau akun facebook.
  2. Setelah registrasi, masuk kehalaman utama dan klik my profile. Disitu ada data personal ID meeting yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan untuk bergabus di video conference.
  3. Lalu Copy Meeting ID tersebut dan bagikan/kirim ke kepada teman atau rekan anda untuk di undang ke video conference yang kamu buat. Atau bisa menggunakan link juga yang langsung di copy pastekan di halaman browser.
  4. Partisipan yang diundang kedalam zoom meeting tidak perlu memiliki akun. Mereka cukup mengcopy pastekan link atau zoom meeting ID ke halaman browser mereka masing-masing untuk masuk ke video conference yang telah dibuat oleh Host.
  5. Ketika link tersebut diklik maka mereka secara otomatis akan mendapatkan tawaran untuk masuk kedalam video conference. 
  6. Klik 'Join a Meeting' dan kalian siap untuk virtual meeting Online.

Cara Pakai Aplikasi Zoom di HP Android atau Iphone

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Zoom di Playstore untiuk pengguna smarthphone Android, dan Apple Apps Store untuk pengguna iOS Iphone.
  2. Registrasi/sign-up menggunakan email atau akun facebook.
  3. Klik pada pengaturan/setting dan pilih personal meeting ID yang bisa anda gunakan untuk mengundang partisipan kedalam video conference.
  4. Copy Meeting ID dan kirimkan kepada teman/rekan anda yang akan di undang ke video conference yang kamu buat. Atau bisa juga dengan menggunakan Link untuk di copy pastekan ke browser.
  5. Sama seperti penggunaan di Laptop atau PC, kamu juga bisa masuk ke video conference di zoom tanpa membuat akun, Cukup dengan mengcopy paste Link ke browser yang telah dibuat oleh Host.
  6. Jika anda mengklik Meeting ID tersebut atau mengcopy paste link tersebut di browser maka secara otomatis anda mendapatkan tawaran untuk bergabung dalam video conference.
  7. Setelah itu tinggal klik 'Join a Meeting' dan anda sudah masuk/bergabung di viertual meeting online.

Dan berikut ini adalah beberapa fitur yang ada di Virtual Meeting Zoom, yakni:

Schedule a Meeting

Fitur ini mengizinkan Host/pemimpin meeting untuk menjadwalkan meeting kapan akan dilangsungkan.

Join a Meeting

Dengan mengklik fitur ini maka kamu akan bergabung bersama rekan lain yang sudah di undang lewat Copy Paste Link Meeting ID dari Host/pemimpin meeting.

Host a Meeting

Ini merupakan salah satu fitur yang hanya bisa digunakan oleh Host/pemimpin meeting untuk menyetel atau mengatur meeting dengan 3 model, yaitu with video off atau tanpa video, with video on atau menggunakan video, dan screen share only atau menampilkan tampilan layar pada laptop atau smarthphone untuk presentasi.

Sekian dulu artikel mengenai Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP Android Maupun di Laptop Untuk Video Conference yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terima Kasih

0 Response to "Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP Android Maupun di Laptop Untuk Video Conference"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel