Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Laptop Gaming Lenovo Legion 5i: Performa Terbaik 2021

Review Laptop Gaming Lenovo Legion 5i: Performa Serba - Memadukan CPU berperforma tinggi, GPU, dan tampilan dengan kecepatan refresh yang tinggi telah menjadi formula unggulan untuk membuat laptop gaming modern. Di atas kertas, ini mungkin terlihat seperti proses yang mudah; namun, mengoptimalkan semua bagian ini untuk mendapatkan kinerja terbaik tanpa terlalu panas dan menawarkan kinerja puncak yang berkelanjutan cukup menantang.

Lenovo adalah merek yang biasanya kami kaitkan dengan laptop tipis dan ringan serta laptop kantor seperti ThinkPad. Selain itu, perusahaan telah membuat laptop gaming kelas atas selama beberapa tahun terakhir dengan merek Legion. Jajaran laptop Legion bersaing dengan seri laptop gaming Acer Predator, Alienware, dan Asus ROG. Kami telah menguji salah satu laptop Legion yang baru diluncurkan - Lenovo Legion 5i, ditenagai oleh kartu grafis Intel Core i7 10750H dan NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti, dan berikut ulasan lengkapnya.

Spesifikasi Lenovo Legion 5i

• CPU: Intel Core i7-10750H (Cache 12M)
• BIOS: EFCN33WW
• Layar: 15,6 inci IPS FHD 1920x1080, 120Hz
• GPU: NVIDIA GeForce GTX1650Ti, 4GB GDDR6
• Memori: 16GB DDR4-2933
• Penyimpanan: WDC PC SN730, SDBPNTY-512G
• Baterai: 60 Whr
• OS: Microsoft Windows 10 64-bit.

Hadir Dalam Berbagai Konfigurasi

Anda bisa mendapatkan Lenovo Legion 5i dengan berbagai konfigurasi. Model dasar dengan Intel Core i5 Generasi ke-10 dan NVIDIA GTX 1650 Ti berharga Rs. 73.990. Kami meninjau model yang terisi penuh dengan Intel Core i7-10750H Generasi ke-10, yang telah digunakan pada sebagian besar laptop gaming kelas atas tahun 2020 dengan GPU GTX 1650 Ti bersama dengan RAM 16GB dan solusi penyimpanan dual-drive, yang dijual seharga Rs. 102.990. Mempertimbangkan harga, Lenovo Legion 5i bisa dibilang sebagai laptop gaming kelas menengah yang mampu menangani sebagian besar game dengan resolusi 1080p. Selain itu, Lenovo India juga memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi Legion 5i, dan Anda dapat membuat laptop gaming yang secara khusus berfungsi untuk mereka.

Desain Lenovo Legion 5i: Terbaik di Kelasnya

Lenovo Legion 5i dengan mudah menjadi salah satu laptop gaming terbaik di kelasnya. Laptop ini memiliki tutup logam atas, dan bagian mesin lainnya dibuat menggunakan plastik berkualitas baik dengan lapisan matte, yang terasa lembut saat disentuh. Saya telah melihat laptop gaming lain dengan kualitas rakitan plastik, dan tidak satu pun dari mereka yang mendekati Legion 5i. Desain keseluruhan laptop sedemikian rupa sehingga, tidak seperti beberapa laptop gaming, tidak terlalu flash, yang merupakan hal yang hebat. Saya bukan penggemar berat pencahayaan RGB, dan saya hanya bersyukur Legion 5i tidak memilikinya. Implementasi I/O pada Legion 5i adalah salah satu yang terbaik di semua laptop gaming. Sama seperti beberapa laptop Alienware kelas atas, Legion 5i juga memiliki satu port USB-A di kedua sisi dan port lainnya terletak di bagian belakang laptop. Karenanya, tidak peduli berapa banyak port yang Anda gunakan, laptop akan terlihat lebih bersih. Port USB-A samping juga penting untuk menggunakan mouse eksternal atau periferal USB lainnya. Saya juga menyukai Lenovo minimalis dan merek Legion yang berpusat pada game di perangkat ini. Dalam hal ukuran, Legion 5i jelas bukan laptop gaming teringan dan tertipis. Namun, memang terasa kokoh dan memberikan kesan premium saat menggunakan mesin ini. Ini jelas merupakan bukti bahwa laptop gaming dengan build plastik juga dapat terlihat premium.

Layar Lenovo Legion 5i: Kecepatan Refresh Tinggi Dengan Kecerahan Rendah

Lenovo Legion seperti kebanyakan laptop gaming memiliki layar IPS LCD 15,6 inci dengan resolusi 1920 x 1080p. Ini memiliki hasil akhir yang mengkilap, yang mengurangi pantulan cahaya. Ini adalah panel kecepatan refresh 120Hz. Namun, tidak ada opsi untuk menurunkan kecepatan refresh ke 60Hz, yang aneh. Salah satu peringatan dari panel ini adalah kecerahan puncak dibatasi hingga 250nits. Ini tidak akan menjadi masalah jika Anda bekerja di ruangan dengan lingkungan tertutup. Namun, jika Anda membawa ini ke luar ruangan, kurangnya tingkat kecerahan yang lebih tinggi akan membuat tampilan terlihat. Dalam hal reproduksi warna, tampilan memang terlihat hidup, dan gamer seharusnya tidak memiliki masalah apa pun. Namun, jika Anda suka menonton film dan acara TV, ini mungkin bukan pilihan yang tepat, karena ada laptop gaming seperti Dell G5 5500 yang menawarkan kecepatan refresh yang lebih tinggi dan tingkat kecerahan yang lebih tinggi dan harganya sama dengan Legion. 5i. Menyertakan panel kecerahan yang lebih rendah sepertinya merupakan keputusan pemotongan biaya. Sama seperti setiap laptop gaming kelas menengah, Legion 5i memotong beberapa sudut untuk memenuhi anggaran yang ditentukan. Secara keseluruhan, tampilan kecepatan refresh yang lebih tinggi sangat bagus untuk mereka yang menyukai judul FPS dan battle royale, dan mesin ini sebenarnya dapat menawarkan kecepatan bingkai 120fps pada judul tertentu.

Lenovo Legion 5i: Keyboard dan Trackpad

Keyboard pada Legion 5i mirip dengan keyboard yang ditemukan pada jajaran laptop ThinkBook. Ini adalah papan ketik yang telah dicoba dan diuji yang menawarkan perjalanan yang baik dan umpan balik penting. Selain itu, ini juga laptop yang luar biasa, untuk para penulis seperti saya, yang menghabiskan waktu berjam-jam di laptop untuk menulis berita dan ulasan. Keyboard juga memiliki numpad khusus, dan backlit, meskipun, tidak seperti beberapa laptop, ia hanya memiliki backlighting monokrom dengan tingkat kecerahan yang bervariasi. Hal yang sama juga berlaku untuk trackpad, trackpad pada Legion 5i sama bagusnya dengan laptop gaming lainnya, dan berfungsi dengan baik untuk tugas-tugas normal, dan orang pasti membutuhkan mouse eksternal untuk bermain game ... Kamera Web Lenovo Legion 5i Legion 5i memiliki kamera web 720p di bagian depan, dengan indikator LED. Ada juga rana fisik, yang bagus untuk pengguna yang sadar privasi. Meskipun berfungsi dengan baik untuk konferensi video, saya ingin melihat kamera 1080p untuk kejernihan visual yang lebih baik. Kamera juga dapat digunakan untuk streaming game tanpa masalah apa pun.

Kinerja CPU Lenovo Legion 5i

Lenovo Legion 5i ditenagai oleh Intel Core i7-10750H Generasi ke-10 dengan TDP 45W. Ini adalah salah satu CPU seluler pertama yang dapat mencapai hingga 5.0GHz dan memiliki enam inti CPU dan 12 utas CPU dan didasarkan pada fabrikasi 14nm, yang tidak seefisien Ryzen 4800H berdasarkan fabrikasi 7nm. Di Geekbench 5, laptop ini mencetak 1.207 poin pada kinerja CPU inti tunggal dan 5274 poin pada kinerja CPU multi-inti. Pada CPU-Z, laptop membukukan 448,1 poin pada single-core dan 3123,8 poin pada kinerja CPU multi-core. Di Cinebench R23, CPU mencetak skor 1146 poin pada single-core dan 6240 poin pada kinerja CPU multi-core dengan rasio kinerja multi-core 5,41x. Menurut aplikasi Lenovo Vantage, CPU menawarkan kecepatan clock rata-rata 4,25GHz saat menjalankan benchmark single-core, dan kecepatan clock rata-rata adalah 3.1GHz saat menjalankan benchmark dalam mode multi-core. Tolok ukur ini menunjukkan bahwa Intel Core i7-10750H adalah CPU yang sangat baik dalam hal kinerja single-core dan multi-core. Faktanya, performa single-core dan multi-core dari Core i7-10750H sedikit lebih baik daripada Ryzen 7 4800H yang mendukung Asus TUF A15. Namun, ini tidak seefisien CPU seluler Ryzen 7.

Kinerja GPU Lenovo Legion 5i

Legion 5i hadir dengan GPU NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti dengan memori video 4GB GDDR6. Kartu grafis ini dapat dengan mudah menangani game 1080p tanpa masalah apa pun, terutama jika digabungkan dengan Intel Core i7-10750H. Kami menjalankan alat benchmark game Final Fantasy XV pada resolusi 1080p dengan pengaturan grafis menengah dan tertinggi. Saat kualitas grafis disetel ke medium, laptop itu mampu menawarkan 60fps. Saat menjalankan benchmark dengan pengaturan grafis tertinggi, laptop menawarkan fps rata-rata 40. Kami mendapatkan hasil yang sedikit lebih baik dengan GTA: V, di mana FPS rata-rata sekitar 70, dan permainan memang terlihat mulus saat bermain tanpa penurunan bingkai. Kedua hasil ini menunjukkan bahwa Legion 5i adalah laptop, mampu menangani game 1080p, dan dapat dengan mudah menawarkan gameplay 60fps ketika kualitas grafis diatur ke medium. Menurut aplikasi MSI Afterburner, saat menjalankan game Final Fantasy XV, penggunaan CPU sekitar 55 persen, sedangkan penggunaan GPU sekitar 98 persen sepanjang waktu. Selain itu, suhu CPU berkisar 85 hingga 92 derajat, dan saya bisa mendengar kipas berputar. Poin-poin ini menunjukkan bahwa Intel Core i7 10750H adalah CPU yang lebih dari sekadar mampu untuk menangani permainan. Namun, GPU, terutama dengan video 4GB adalah penghambat dalam hal kinerja. Legion 5i dengan prosesor Intel Core i5 Generasi ke-10 dan GTX 1650 atau GTX 1650 Ti harus menawarkan kinerja gaming serupa dengan harga yang jauh lebih rendah. Ketika sampai pada tugas-tugas seperti pengeditan video, kinerja CPU ekstra akan membuat mesin ini lebih baik.

Daya Tahan Baterai Lenovo Legion 5i Tidak seperti notebook tipis dan ringan, laptop gaming tidak menuntut masa pakai baterai sepanjang hari. Padahal, meski Anda menggunakan Legion 5i dalam mode senyap, itu hanya bisa bertahan lebih dari 3 jam. Selain itu, laptop harus terhubung ke adaptor daya untuk mendapatkan performa CPU dan GPU yang terbaik. Laptop ini dilengkapi dengan adaptor daya 170W dengan konektor eksklusif yang mendukung pengisian cepat. Selain itu laptop juga dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone dan aksesoris melalui USB Type-C atau port USB-A.

Putusan Lenovo

Legion 5i adalah laptop gaming yang bagus untuk mereka yang menginginkan mesin untuk bermain game dan mengerjakan tugas-tugas intensif CPU seperti pengeditan video. Ini memiliki CPU yang sangat baik; akan tetapi, GPU menghambat kinerja mesin ini karena terbatasnya memori video. Bahkan saat menjalankan benchmark dan game intensif CPU / GPU, laptop terasa keren saat disentuh, terutama bagian atas. Meskipun saya bisa mendengar kipas berputar, ini jelas merupakan salah satu laptop paling tenang bahkan dalam mode kinerja. Jika Anda mencari laptop yang kokoh dengan keyboard, layar, dan opsi I/O yang lengkap, Legion 5i dengan Intel Core i7 10750H adalah pilihan yang sangat baik. Jika Anda menginginkan laptop untuk bermain game dan penggunaan biasa, saya akan menyarankan Legion 5i dengan prosesor Intel Core i5 Generasi ke-10, yang setidaknya Rp. 2.900.000,00 lebih murah dari ini, dan dapat menawarkan kinerja permainan yang serupa.

Posting Komentar untuk "Review Laptop Gaming Lenovo Legion 5i: Performa Terbaik 2021"

Berlangganan via Email