Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Sehat Selama Menjadi Ibu Hamil

Tips Sehat Selama Menjadi Ibu Hamil - Hal yang paling ditunggu-tunggu setelah menikah adalah mempunyai momongan. Namun pada masa kehamilan ini merupakan salah satu kunci penentu terciptanya generasi sehat. Bukan hanya kesehatan janin yang perlu di perhatikan, akan tetapi kesehatan ibu selama hamil juga perlu diperhatikan serta pola hidup sehat juga loh. Menjaga kesehatan ibu hamil sangat penting untuk dilakukan karena akan berpengaruh sama janin. Berikut tips sehat selama menjadi ibu hamil.

5 Tips Tetap Sehat Selama Hamil

1. Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang
Pada masa kehamilan, kebutuhan gizi untuk ibu hamil meningkat sebesar 15% bila dibandingkan dengan kebutuhan wanita normal. Pertambahan kebutuhan gizi ibu hamil ini digunakan dalam pertumbuhan dan perkembangan janin loh, serta pertambahan volume darah, plasenta, air ketuban dan organ janin.
 
Sebesar 60% dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil digunakan untuk kebutuhan ibu seperti aktivitas yang dilakukan ibu, metabolisme tubuh ibu dan semacamnya sedangkan 40% digunakan untuk pertumbuhan janin yang dikandungnya loh. Selama masa kehamilan, ibu hamil harus mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh dan janin yang dikandungnya.

Ibu hamil perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsinya, karena makanan yang dikonsumsi bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi ada individu lain yang mengonsumsi makanan yang dimakannya. Jumlah kalori pada ibu hamil hanya ditambah sekitar 300 kalori perhari, jadi bukan mengkonsumsi makanan sebanyak 2 kali lipat ya. 

Mengatur jumlah makanan yang akan dikonsumsi ibu hamil bertujuan untuk menghindari risiko kenaikan berat badan yang berlebih atau obesitas. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil terdiri dari susunan menu yang seimbang, yaitu menu lengkap dan sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan janinnya.

Menjaga kesehatan Ibu Hamil

2.Istirahat Cukup
Hal yang perlu diperhatikan adalah tidur malam paling sedikit 6-7 jam dan usahakan siangnya tidur atau berbaring sekitar 1-2 jam. Posisi tidur sebaiknya miring. Kamar tidur sebaiknya diperhatikan, hindari menggantungkan pakaian di area kamar tidur agar tidak menjadi sarang nyamuk serta pada daerah endemis malaria gunakan kelambu berinsektisida. Pada saat ingin tidur bersama pasangan pastikan untuk melakukan stimulus dan ajak bicara dengan mengelus-elus perut ibu hamil agar janin dapat merespon dan berkembang dengan sehat.

3.Menjaga Kebersihan Diri

Sebelum makan sebaiknya cuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir. Apalagi dimasa pandemi seperti ini, usahakan selalu mencuci tangan dari luar rumah, setelah membuang air besar atau air kecil dikamar mandi, dan menyentuh gagang pintu serta benda di tempat umum. Jika tidak ada air mengalir dan sabun bisa menggunakan handsanitizer.
 
Menyikat gigi secara benar dan teratur minimal setelah makan maupun sebelum tidur. Periksalah gigi anda ke fasilitas kesehatan pada saat periksa kehamilan. Minimal selama kehamilan memeriksa gigi 1-2 kali. Mandi setiap hari 2 kali sehari. Dan selalu ganti pakaian serta pakaian dalam setiap hari dan bersihkan payudara dan daerah bagian kemaluan untuk terhindar dari penyakit seperti ISK (Infeksi Saluran Kemih).

4.Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik bisa dilakukan seperti biasa dengan memperhatikan kondisi kesehatan ibu dan janin. Pasangan dapat membantu istrinya untuk melakukan perkerjaan sehari-hari agar istri tidak kelelahan.
 
Hindari untuk melakukan kerja berat karena dapat mempengaruhi kesehatan janin seperti hindari mengangkat barang yang terlalu berat. Ikuti senam ibu hamil sesuai dengan anjuran petugas kesehatan untuk memperlancar persalinan.  

Menanti buah hati

5.Periksa Kandungan
Hal yang wajib yaitu periksa kandungan pada petugas kesehatan seperti bidan dan dokter spesialis kandungan (SpOG) karena dengan memeriksa kandungan sejak awal kita mengetahui tentang kondisi kesehatan janin dan ibu. Menurut Permenkes No 25 Tahun 2014 Pasal 1b tentang pemeriksaan rutin kehamilan yaitu pemeriksaan kandungan secara berkala minimal 4 kali selama hamil.

  1. Trimester pertama         : 1 kali kunjungan selama usia kehamilan 0-13 minggu
  2. Trimester kedua            : 1 kali kunjungan selama usia kehamilan 14-27 minggu
  3. Trimester ketiga            : 2 kali kunjungan selama usia kehamilan 28 minggu sampai waktu kelahiran

Apabila dokter menganjurkan pemeriksaan kehamilan setiap bulan, dipastikan untuk terus memantau kesehatan secara rutin. 4 kali kunjungan merupakan angka minimal sebaiknya dilakukan.

Nahh, berdasarkan 5 Tips Sehat Selama Menjadi Ibu Hamil yang berada di atas, Sahabat sehat pasti sudah tahu kan hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan dijaga selama masa kehamilan. Selama kehamilan berlangsung perlu dipersiapkan kesehatan yang prima untuk menyambut buah hati. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  • Susilowati dan Kuspriyanto. 2016. Gizi dalam Daur Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  • Huliana, M. 2002.Panduan Menjalani Kehamilan Sehat. Jakarta :Puspa Swara. Cetakan I.
  • Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes). 2017. Buku Kesehatan Ibu dan Anak. ISBN 978-602-416-294-8. Jakarta. Cetakan 2018.
  • Peraturan Menteri Kesehatan. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan tentang Upaya Kesehatan Anak no. 25. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/117562/permenkes-no-25-tahun-2014

Posting Komentar untuk "5 Tips Sehat Selama Menjadi Ibu Hamil"

Berlangganan via Email