Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Benarkah WhatApp WA menjadi Aplikasi Berbahaya Bagi Android ?

[ad_1]


Benarkah WhatApp WA menjadi Aplikasi Berbahaya Bagi Android ? - Belum selesai permasalahan kebijakan privasi yang kontroversial, WhatsApp kembali mendapatkan permasalahan baru. Sebuah malware Android terbaru telah ditemukan dan rupanya malware tersebut menggunakan WhatsApp sebagai medium penyebarannya. Dilansir dari The Hacker News, pada hari Rabu (27/1), malware ini pertama kali ditemukan oleh peneliti keamanan dari ESET, Lukas Stefanko.

"Malware ini menyebar melalui WhatsApp korban dan dengan secara otomatis dapat membalas setiap pesan WhatsApp yang diterima dan kemudian memunculkan tautan ke aplikasi Huawei Mobile yang berbahaya," kata peneliti keamanan ESET, Lukas Stefanko.

Wujud awal malware ini adalah iming-iming mendapatkan smartphone secara gratis dengan mengunduh aplikasi Huawei Mobile. Tentunya, aplikasi Huawei Mobile yang berada pada tautan tersebut merupakan aplikasi palsu. Setelah pengguna mengklik tautan tersebut, akan muncul situs web Google Play Store palsu yang sangat mirip dengan aslinya. Setelah diinstal, aplikasi meminta pengguna untuk memberikan akses notifikasi yang kemudian disalahgunakan untuk melakukan serangan wormable.

Secara khusus, malware ini mengincar akses notifikasi dan memanfaatkan fitur quick reply WhatsApp yang digunakan untuk menanggapi pesan masuk langsung dari pemberitahuan. Dengan cara tersebut, malware baru ini dapat cepat menyebar melalui Whatsapp.

Simak info selengkapnya di artikel dengan klik Instastory kami ya, Tech Experts!

Kredit foto: The Hacker News
#whatsapp #android #malware #hacker #teknologi #beritateknologi #beritaviral #viralindonesia #programmer #coding #instagood #instatechnology #innovation #creative #digital #futuretech #invention #instalife #techlist #techcrunch #trending #todaytech #teknologiterkini #teknologibaru #millenials

[ad_2]

Source

6 komentar untuk "Benarkah WhatApp WA menjadi Aplikasi Berbahaya Bagi Android ?"

  1. Mungkin gak sih, ini karena huawei tanpa GMS. Itukah sebabnya?

    BalasHapus
  2. Ini salah satu yang meresahkan setelah penyebaran pulsa gratis 🙂🖕

    BalasHapus
  3. Dari dulu pake tele. Aman dan Nyaman.

    BalasHapus
  4. Fitur quick reply, macam yang dipakai toko online yang langsung balas pesan yang masuk dengan template pesan... Greget...

    BalasHapus
  5. Siapa jg yg ketipu begituan kecuali yah orang awam mungkin bkl ketipu

    BalasHapus