Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Praktis Membuat Laporan Keuangan Sederhana di Microsoft Excel

Cara Praktis Membuat Laporan Keuangan Sederhana Menggunakan Microsoft Excel - Berhati-hatilah Anda terhadap pengeluaran kas kecil. Karena keretakan kecil bisa dapat memicu masalah yang begitu besar. Itulah sebabnya kita harus berhati-hati dalam membuat laporan keuangan karena kesalahan yang begitu kecil saja bisa memicu masalah yang besar, dimana laporan keuangan berkaitan dengan debet dan kredit jadi hasil neraca pastinya harus balance atau seimbang.

Seseorang yang bisa mengatur segala sesuatu pada hidupnya, termasuk jadwal aktivitas sehari-hari sampai ke laporan keuangan hariannya, dan menggunakan kedisiplinannya secara konsisten menjalani hidupnya dengan teratur, mengalahkan rasa malas dan perilaku acuhnya, maka orang tadi bisa dikatakan sudah menjalani kehidupan yang efektif.

Kelebihan dari membuat laporan keuangan dengan menggunakan Excel adalah pada Saldo akan otomatis bertambah jika dikolom debet di isi dan secara otomatis akan berkurang jika kolom kredit yang di isi.

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana di Excel

Nah, kali ini Terkreatif akan sharing sedikit tentang pemanfaatan Microsoft Excel dalam membuat laporan keuangan sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi, bagi Anda yang baru mulai belajar hidup mandiri, anak kost-an sampai yang telah berumah tangga, sangat dianjurkan untuk mencoba cara membuat laporan keuangan sederhana ini.

1. Buatlah format tabel seperti gambar di bawah ini. 

2. Apabila sudah, maka catat setiap pemasukan dan pengeluaran ke dalam tabel tersebut. 


  • No : banyaknya aktivitas pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya
  • Tanggal : tanggal terjadinya setiap pemasukan dan pengeluaran
  • Keterangan : rincian setiap aktivitas pemasukan dan pengeluaran
  • Debet : pemasukan
  • Kredit : pengeluaran

3. Untuk dikolom Saldo, kita akan memakai kombinasi rumus IF, OR, dan SUM dalam Excel untuk menghitung saldo tabungan kita secara otomatis. 

Masukkan rumus dibawah ini ke dalam sel F3:

=IF(OR(D3<>0;E3<>0);SUM(D$3:D3)-SUM(E$3:E3);0) 

4. Copy rumus Saldo sel F3 tersebut dan paste ke kolom-kolom dibawahnya, lebih cepat menggunakan cara drag kursor ke bawah (auto fill).

5. Isi kolom jumlah pemasukan, pengeluaran, dan saldo menggunakan rumus dasar excel

  • D8 : =SUM(D3:D7)
  • E8 : =SUM(E3:E7)
  • F8 : =D8-E8

Cobalah untuk konsisten dalam melakukan pembukuan pemasukan dan pengeluaran keuangan Anda setiap bulannya dan rasakan perbedaannya. 

Sekian artikel kali ini mengenai Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana pada Excel, apabila ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa bagikan artikel ini ke sahabat-sahabat dan saudara Anda yang membutuhkannya ya!

Posting Komentar untuk "Cara Praktis Membuat Laporan Keuangan Sederhana di Microsoft Excel"

Berlangganan via Email