Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Akun Whatsapp Dibajak Orang

Terkreatif.com - Perlakuan penyadapan pada akun WhatsApp menjadi sebuah ancaman bahkan juga sampai sekarang ini. Banyak data dan info pribadi yang berada di akun WhatsApp. Untuk itu ada begitu banyak cara mengetahui wa dibajak atau tidak, karena kesalahan sedikit saja akan membuat whatsapp dibajak orang lain dengan mudahnya. Tentunya akan sangat beresiko jika ini terjadi dan menimpa kamu kan?

Tetapi, ternyata ada banyak pemakai yang masih belum memahami dan sadar saat akun WhatsApp-nya sudah dibajak. Menyadap WhatsApp dijalankan dengan melihat info di akun WhatsApp seseorang dengan sengaja tanpa sepengetahuan pemiliknnya.

Foto: Wallpaper Flare

Tak perlu cemas, karena berikut ini adalah cara biar akun WhatsApp tidak bisa dibajak oleh orang lain.

Log out WhatsApp Web

Supaya terbebas dari adanya penyadapan WhatsApp melalui program yang menyerupai WhatsApp Web, kamu bisa check melalui perangkat apa yang memakai akun WhatsApp kamu lewat WhatsApp Web. Triknya ialah:

  1. Klik pada opsi titik tiga di bagian kanan atas
  2. Klik pada WhatsApp Web
  3. Ada daftar perangkat yang login dengan akun Anda
  4. Pilih log out dari semua perangkat

Aktifkan Verifikasi Dua Faktor

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan aktifkan verifikasi dua faktor. Ini merupakan pilihan untuk mengirim kode enam angka pada si pengguna dengan nomor WhatsApp yang tercatat ke perangkat yang baru.

Kode yang dimaksud berbeda dengan kode OTP. Langkah ini dapat kalian gunakan supaya orang lain tidak dapat masuk begitu saja ke akun WhatsApp Anda dan membajaknya melalui code QR.

  1. Klik pada opsi titik tiga di kanan atas
  2. Setting > Akun > Two Step Verification
  3. Klik Enable
  4. Masukan enam kode rahasia yang dipilih
  5. Masukan e-mail untuk memulihkan kata kunci bila si pemakai lupa.

Aktifkan Pemindai Fingerprint Anda

Agar tidak sembarangan orang dapat masuk di akun WhatsApp dan scan code QR untuk menyadapnya, kamu dapat juga mengaktifkan fitur pemindai sidik jari.

  1. Klik pada opsi titik tiga di bagian kanan atas
  2. Klik Privacy
  3. Klik kunci sidik jari
  4. Aktifkan/Enable
  5. Pemakai akan diminta untuk memindai dengan sidik jari

WhatsApp akan meminta pemakai memilih berapa lama program akan terkunci secara otomatis, segera, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit.

Install ulang WhatsApp

Ini merupakan langkah untuk melindungi akun WhatsApp kamu supaya tidak mudah disadap. Ini dapat diaplikasikan bila kamu sudah terlanjur klik 'OK' saat ada peringatan untuk mengalihkan akun seperti dijelaskan sebelumnya.

Menonaktifkan Akun

Jika akun WhatsApp kamu diketahui sudah diretas, maka segerahlah untuk menonaktifkan akun kamu untuk memastikan bahwa tidak ada yang memakai akun WhatsApp.

Triknya dengan mengirimi e-mail ke dukungan WhatsApp di support@whatsapp.com dengan kata kunci (keyword) "Lost/stolen: please deactivate my account" di penulisan email.

Kunci Layar Akun WhatsApp Anda

Langkah lain yang bisa dapat kamu kerjakan untuk melindungi akun WhatsApp supaya tidak mudah dibajak yakni dengan mencoba opsi mengunci layar akun WhatsApp sama seperti yang ada di perangkat Android. Hal itu akan memastikan tidak ada orang yang lain dapat buka akun WhatsApp kamu.

Triknya lumayan gampang. Kamu tinggal membuka Pengaturan > Privasi > lalu pilih opsi Kunci Layar. Selanjutnya kamu perlu memindai dengan sidik jari kamu.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar akun whatsapp tidak mudah dibajak oleh orang lain. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan jangan lupa share agar dapat bermanfaat untuk semua orang. Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Akun Whatsapp Dibajak Orang"

Berlangganan via Email